Saturday, June 25, 2016

Manfaat Kandungan Biji Duku Untuk Kesehatan Tubuh

Apa sebenarnya manfaat dari biji duku itu? manfaat dari biji duku ini mungkin cukup terbilang unik, seperti yang kita ketahui bahwa buah duku ini merupakan jenis buah-buahan yang berasal dari suku "Meliaceae", buah ini mempunyai kemiripan dengan buah pisitan, langsat dan juga celoring.

Buah duku berasal dari "Asia Tenggara" bagian barat dan biasanya beberapa bagian dari tanaman ini sering dijadikan alternatif obat-obatan, buah duku ini mempunyai biji yang sangat pahit akan tetapi biji buah duku yang terasa pahit dapat dijadikan sebagai obat.

Biji buah duku tersebut biasanya bisa di jadikan sebagai obat cacing serta dapat dijadikan sebagai obat demam dengan cara ditumbuk dan dicampurkan dengan air, tidak hanya itu konon tanaman duku dapat dijadikan sebagai obat malaria dengan memanfaatkan kulit kayunya.

Sementara itu jika membuat tepung dari kulit duku, tepung tersebut dapat dijadikan sebagai obat karena sengatan kalajengking dan kulit dari buah duku juga bermanfaat jika dikeringkan dan dapat digunakan sebagai obat pengusir nyamuk selain itu kulit buahnya juga dapat digunakan sebagai obat diare.

Manfaat Biji Duku

Manfaat Kandungan Biji Duku Untuk Kesehatan Tubuh

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terhadap 100 gram buah duku dengan jumlah yang dapat di konsumsi sebesar 64%, dan di dapatkan kandungan energi sebesar 63 kkal, karbohidrat 16 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 18 mili gram, protein 1 gram, fosfo 9 mili gram dan zat besi 1 mili gram, Selain itu di dalam buah duku masih terdapat kandungan vitamin, yaitu vitamin C 9 mili gram, vitamin A 0 IU, dan juga vitamin B1 0,05 mili gram.

Biasanya buah duku ini secara sengaja di kumpulkan biji-bijinya, setelah itu disemaikan dan adapula yang mengumpulkan cabutan semai secara spontan dari pohon induknya tersebut, namun cara tersebut akan memakan waktu yang sangat lama, karena harus menunggu pohon induk hingga 20 tahun sampai 25 tahun dan baru pada saat itu pohon ini dapat menghasilkan dan kualitasnya belum bisa dipastikan bisa sama dengan induknya.

Khasiat Biji Duku

Nama latin buah duku yaitu "Lansium Domesticum Corr" dan biji dari buah duku ini sudah dipercayai sebagai alternatif obat demam, hal tersebut juga sudah diyakini cukup lama oleh masyarakat kalimantan karena berkhasiat dapat menurunkan demam tinggi.

Namun hal ini belum dapat dipastikan karena khasiat tersebut perlu dikaji lagi dan perlu dibuktikan kebenarannya dengan cara ilmiah, sehingga kita dapat mengetahui khasiat yang sebenar-benarnya dari buah duku ini, penelitian ini pun pernah dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui potensi dari biji buah duku sebagai obat penurun panas atau obat antipiretik.

Antipiretik sendiri berkerja sebagai penghambat aktivitas "enzim siklooksigenase" yang menganalisis reaksi pembentukan "prostaglandin" yaitu senyawa yang dapat merangsang peningkatan suhu tubuh, dengan menguji ekstrak etanol dari biji buah duku dan dilakukan terhadap 30 ekor tikus yang sudah di demamkan oleh penyuntikan vaksin, dan bahwa hal ini menunjukan bahwa ekstrak tersebut dapat mencegah suhu tubuh tikus tersebut.

Banyak buah-buahan yang tanpa kita sadari mempunyai segudang manfaat untuk dipergunakan, dan sebagaian juga tidak terduga berasal dari buah-buahan yang terbilang cukup unik, namun khasiatnya tidak di anggap biasa-biasa saja, karena seperti yang kita ketahui bahwa dapat membantu kita semua.

Artikel Terkait

Manfaat Kandungan Biji Duku Untuk Kesehatan Tubuh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email