Saturday, June 11, 2016

Khasiat Serta Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan

Telur merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal akan kandungan proteinnya, dan tersiar kabar bahwa telur juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, selain itu juga dengan mengkonsumsi telur rebus lebih bagus jika dibandingkan dengan telur goreng dan konon telur ini sangat berguna untuk mereka yang sedang melakukan program diet.

Menurut Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat di Unair yaitu "Prof. dr. Bambang Wirjatmadi, MS. MCN. Ph.D (Nurtition) Sp.GK", bahwa dengan bersarapan dua butir telur rebus memang dapat membantu program diet, akan tetapi harus di imbangi juga dengan asupan gizi lainnya misalnya seperti mengikuti aturan makan, makan siang dan juga makan malam.

Tercatat bahwa manusia memang memerlukan dua ribu kebutuhan kalori di setiap harinya, jika pada saat sarapan manusia memerlukan sepertiga dari kebutuhan kalori tersebut, bahwa dengan mengkonsumsi telur rebus ketika sarapan sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan kalori yang dibutuhkan, karena telur dengan mencapai berat hingga 60 gram mengandung 308 kalori.

Tentu saja dengan memenuhi kebutuhan kalori yang pas, tubuh tidak akan menyimpan kalori lebih dalam jaringan sel-sel lemak, jadi dengan hal tersebut sudah dipastikan bahwa dengan mengkonsumsi telur rebut saat sarapan bukannya beralasan untuk mengkenyangkan perut, karena hanya dengan mengkonsumsi telur rebus pada saat sarapan di pagi hari, hanya akan membuat kenyang sampai siang hari saja.

Khasiat Serta Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan

Walaupun dengan mengkonsumsi telur rebus dapat membantu program diet dan dapat membantu menurunkan berat badan, tapi tetap saja kamu harus tahu dan patuh terhadap aturan, bahwa kamu memerlukan asupan nutrisi lainnya, antara lain seperti karbohidrat dan juga lemak agar tidak menjadi program diet yang kesannya menyimpang.

Kamu mungkin penasaran kenapa asupan telur rebus lebih baik dari pada telur goreng ? tentu saja jawabannya karena jika kamu mengkonsumsi telur goreng maka akan bertambah pula kandungan kalorinya karena adanya pengaruh dari minyak, dan dengan cara di rebus lebih baik ketimbang digoreng karena terbukti dapat dapat mengantisipasi jika telur tersebut mengandung virus.

Sedangkan virus tersebut dapat hilang dengan memasaknya dalam suhu yang cukup tinggi, namun kamu tidak usah khawatir akan kandungan gizi yang ada pada telur, karena kandungan gizi dari telur tersebut tidak akan hilang walaupun sudah di masak berlama-lama dalam suhu yang cukup tinggi.

Selain itu kamu juga di pantrang untuk mengkonsumsi telur secara bijaksana, karena kenapa?Jika saja telur dikonsumsi secara berlebihan maka kandungan protein yang harus dipecah tubuh juga cukup tinggi, sehingga proses pemecahan protein menjadi energi akan memberatkan kerja organ ginjal dan juga hati.

Maka dari itu, konsumsilah telur rebus pada saat sarapan saja selain jam tersebut beri asupan nutrisi lainnya, namun bagi mereka yang memang memiliki masalah kolesterol tentu saja hanya boleh mengonsumsi telur maksimal hingga 3 butir telur saja dalam seminggu agar program diet lebih ke-arah menyehatkan.

Artikel Terkait

Khasiat Serta Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email